Tujuan & fungsi pembuatan spanduk banner
A. Pengertian Spanduk
Spanduk merupakan suatu media informasi, spanduk ialah
kain membentang dan biasanya berada ditepi-tepi jalan yang berisi tulisan,
warna dan gabar. Spanduk dapat kita buat sendiri bisa dengan menggunakan car,
sablon “screen printing” ataupun dengan cara print digital.
Secara umum spanduk dibagi dalam dua macam yakni spanduk
kain dan spanduk MMT. Spanduk kain biasanya dikerjakan dengan cat, sablon
ataupun dengan print digital. Sementara untuk spanduk berbahan MMT hanya bisa
dikerjakan dengan print digital.
B. Fungsi Spanduk:
Spanduk berfungsi sebagai media promosi baik itu berupa
produk/jasa, acara, sekolah dan sebagainya. Selain itu spanduk merupakan media
promosi yang murah dan sangat efektif. Dengan melihat spnduk yang menarik,
konsumen pun akan tertarik untuk membeli produk atau jasa kita. Setidaknya itu
sudah terbukti dengan banyaknya spanduk yang terpasang di pinggir-pinggir jalan
araya. Spanduk memang menjadi media promosi yang murah dan efektif untuk saat
ini.
C. Ciri-Ciri Spanduk:
- Ukuran 90/100 x 800 cm
- Kaliamatnya pendek, tulisannya besar
- Warna menyolok atau kontras agar mudah di lihat dan dibaca
- Ditempatkan diperempatan jalan atau tempat yang strategis
D. Kelebihan & Kelemahan Spanduk:
Kelebihan:
- Proses pembuatan tidak terlalu rumit
- Jangkauan pemasangan sangat luas dan frekuensi tinggi
- Mencakup semua target audience
- Penempatannya fleksibel secara geografis
- Mudah diingat sebelum membeli produk
- Bisa dilihat berulang-ulang oleh pengguna jalan
Kelemahan:
- Kurang efektif karena sebagian masyarakat yang lewat di depan spanduk
- Waktu pemasangan secara singkat
- Tidak bisa menampilkan informasi secara lengkap
- Bila frekuensinya terlalu tinggi, mengakibatkan kebosanan pada target audience
- Mengganggu keindahan lingkungan bila terpasang tidak teratur
E. Manfaat Spanduk:
Spanduk digunakan sebagai media penerangan/penyampaian
informasi baik di luar ruang maupun dalam ruang. Ukuran spanduk bervariasi
tergantung pada kebutuhan. Spanduk dipilih oleh para penyampai pesan karena
selain harga cetaknya yang terjangkau juga karena spanduk memiliki ruang yang
luas untuk informasi yang akan disampaikan.
F. Jenis-Jenis Spanduk:
Dalam hal ini ada 3 macam jenis spanduk, mulai dari yang
termurah yaitu: spanduk sablon, spanduk spray/semprot dan yang terbaru spanduk
printing. Yang kesemuanya memiliki kelemahan serta kelebihan masing-masing.
1. Spanduk Sablon
- Kelebihan yaitu sehari bisa jadi 100 spanduk
- Kelemahan yaitu apabila campuran catnya tidak pas maka akan luntur bila kena air
2. Spanduk Spray
- Kelebihan yaitu lebih tahan terhadap air
- Kelemahan yaitu pengerjaan lebih lama
3. Spanduk Printing
- Kelebihan yaitu hasil lebih bagus karena bisa full colour
- Kelemahan yaitu harganya masih tergolong cukup mahal
G. Cara Membuat Spanduk:
Banyak spanduk yang kita lihat di berbagai tempat namun
terkadang ada beberapa spanduk yang bila kita amati, isi spanduk yang dibuat
tersebut tidak memperhatikan atau melupakan hal penting berikut ini.
H. Desain Spanduk:
Desain spanduk yang menarik tentu akan menarik perhatian
orang untuk melihatnya, awalnya dari melihat desain spanduk maka orang lantas
akan membaca apa isi atau informasi yang ada di dalam spanduk tersebut.
Ukuran Spanduk
Besar kecilnya ukuran spanduk hendaknya disesuaikan
dengan space atau tempat dimana spanduk akan ditempatkan sehingga tidak akan
terjadi hal seperti spanduk terlalu kecil atau spanduk terlalu besar.
Tulisan Spanduk Terlalu Kecil
Ini menjadi kendala ketika spanduk akan diletakkan diluar
ruang yang memiliki lalu-lintas cepat karena para audience/pembaca tidak akan
sempat membaca informasi yang ada di dalam spanduk secara detail. Jadi besar
kecilnya ukuran teks sebaiknya disesuaikan dengan tujuan dimanakah spanduknya
nantinya ini akan ditempatkan. Berbeda jika spanduk akan ditempatkan di dalam
ruangan dimana pambaca akan dapat membaca keseluruhan isi spanduk tanpa
khawatir akan bergegas pergi.
I. Desain Spanduk Terlalu Padat:
Walaupun ukuran spanduk terbilang besar sebagai media
informasi, banyaknya informasi yang akan disampaikan hendaknya diringkas agar
kalimat-kalimat tersebut tidak memenuhi spanduk yang nantinya akan melelahkan
mata pembaca. Jikapun ada hal yang lebih mendetail yang akan disampaikan maka
anda dapat mencantumkan dalam spanduk tersebut alamat website atau blog anda
karena di website atau blog tersebut anda dapat memberikan keterangan yang
lebih mendetail.
J. Jenis Huruf Spanduk
Pemilihan huruf untuk spanduk hendaknya disesuaikan
dengan kebutuhan, idealnya gunakan huruf yang jelas “tidak menggunakan huruf
latin yang berukir-namun ini kembali kepada kebutuhan” agar informasi yang akan
disampaikan cepat diterima oleh pembaca. “Sebaiknya dan usahakan pilihlah atau
gunakan huruf yang sifatnya gratis untuk keperluan personal atau komersial,
anda dapat mendownloadnya di internet dengan menggunakan kata kunci, free font
for commercial use”.
K. Foto Untuk Spanduk
Jika ingin menggunakan foto di dalam spanduk anda maka
pilihlah foto yang beresolusi besar agar tidak pecah atau blur hasilnya ketika
spanduk dicetak. Besarnya resolusi foto ditentukan kembali oleh ukuran spanduk
yang akan digunakan. Lebih besar resolusi fotonya maka lebih baik ” sebaiknya
dan usahakan gunakan foto atau gambar orisinil untuk spanduk anda”.
L. Pengertian Banner:
Banner ialah sebagai identitas sebuah blog atau website
selain itu fungsi dari banner ialah sebagai media iklan, promosi, publikasi,
menjalin persahabatan dan berbagai kepentingan lainnya. Berbagai jenis dan
ukuran standar banner yang biasanya dipergunakan dalam blog atau site di media
internet. Banner itu artinya ialah gambar, kebanyakan dibuat dengan ukuran
kecil yang biasanya dimasukkan atau disisipkan di sebuah halaman web.
Banner dilengkapi sebuah link, yang kalau di klik akan
menuju ke suatu situs yang telah ditentukan oleh si pembuat banner tersebut.
Misalnya banner iklan di suatu blog, kalau ada yang meng-klik maka si pengujung
akan dibawa ke situs yang dituju.
M. Tujuan Banner:
Untuk tujuan dari banner ialah untuk mengiklankan produk
tertentu dan menarik orang sebanyak mungkin/lalu lintas mungkin untuk produk
tertentu. Adapun banner yang berukuran kecil biasanya digunakan untuk saling
bertukar link, sedangkan banner yang ukuran sedang untuk media iklan.
Sebaiknya banner tersebut jangan meniru punya orang lain,
jadi buatlah banner ciptaan sendiri yang menarik supaya siapa saja yang melihat
banner tersebut merasa tertarik dan akan mengklik link tautan kita.
N. Jenis Ukuran Banner:
Berbagai ukuran utama banner.
1. Banner ukuran standar pada
umumnya untuk kepentingan iklan atau promosi “window pop-up” sebagai contoh
yaitu:
- 300 x 250 IMU / Pixel “Medium Rectangle”
- 250 x 250 IMU / Pixel “Square Pop-up”
- 240 x 400 IMU / Pixel “Vertical Rectangle”
- 336 x 280 IMU / Pixel “Large Rectangle”
- 180 x 150 IMU / Pixel “Rectangle”
2. Banner dan buttons merupakan jenis banner yang
dipergunakan pada blog atau situs di media internet ukurannya antara lain
yaitu:
- 468 x 60 IMU / Pixel “Full Banner”
- 234 x 60 IMU / Pixel “Half Banner”
- 88 x 31 IMU / PIxel “Micro Bar”
- 120 x 90 IMU / Pixel “Button 1”
- 120 x 60 IMU / Pixel “Button 2”
- 120 x 240 IMU / Pixel “Verical Banner”
- 125 x 125 IMU / Pixel “Suara Button”
- 728 x 90 IMU / Pixel “Leaderboard”
O. Pembuatan Banner:
Pembuatan banner dapat dilakukan di perusahaan
advertising, perusahaan jasa desain ataupun di desain sendiri dan dibawa ke
perusahaan percetakkan. Banyak perusahaan advertising yang menawarkan jasa
pembuatan banner hingga siap jadi. Anda pun bisa memanfaatkan jasa advertising
tersebut untuk membuat banner yang diinginkan.
P. Fungsi Banner:
Menambah Daya Tarik Web/Blog
Banner yang kita pasang di web/blog bisa menambah
tampilan web/blog lebih menarik, sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog
anda, anda dapat menempatkan banner di bagian header web/blog.
Q. Sebagai Ciri Khas/Identitas Anda:
Dengan membuat banner anda berusaha untuk menunjukkan
kepada pengujuang tentang siapa anda dan apa yang anda tulis dalam blog anda,
itu artinya anda menciptakan brand bagi anda dan web/blog anda.
R. Sebagai Alat Promosi:
Banner merupakan alat promosi yang efektif dengan
menitipkan banner anda di web/blog yang sudah terkenal dan banyak
pengunjunganya, dan bisa berharap mereka akan mampir blog anda dengan meng-klik
banner itu.
S. Menonjolkan Isi Blog Anda:
Banner juga bisa digunakan untuk menonjolkan isi dari
web/blog anda, pengunjung bisa mengetahui atau paling tidak membayangkan isi
web/blog anda dari banner anda.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus