Tujuan & fungsi pembuatan spanduk banner




A. Pengertian Spanduk
Spanduk merupakan suatu media informasi, spanduk ialah kain membentang dan biasanya berada ditepi-tepi jalan yang berisi tulisan, warna dan gabar. Spanduk dapat kita buat sendiri bisa dengan menggunakan car, sablon “screen printing” ataupun dengan cara print digital.
Secara umum spanduk dibagi dalam dua macam yakni spanduk kain dan spanduk MMT. Spanduk kain biasanya dikerjakan dengan cat, sablon ataupun dengan print digital. Sementara untuk spanduk berbahan MMT hanya bisa dikerjakan dengan print digital.
                                                                                      
B. Fungsi Spanduk:
Spanduk berfungsi sebagai media promosi baik itu berupa produk/jasa, acara, sekolah dan sebagainya. Selain itu spanduk merupakan media promosi yang murah dan sangat efektif. Dengan melihat spnduk yang menarik, konsumen pun akan tertarik untuk membeli produk atau jasa kita. Setidaknya itu sudah terbukti dengan banyaknya spanduk yang terpasang di pinggir-pinggir jalan araya. Spanduk memang menjadi media promosi yang murah dan efektif untuk saat ini.

C. Ciri-Ciri Spanduk:
  • Ukuran 90/100 x 800 cm
  • Kaliamatnya pendek, tulisannya besar
  • Warna menyolok atau kontras agar mudah di lihat dan dibaca
  • Ditempatkan diperempatan jalan atau tempat yang strategis


D. Kelebihan & Kelemahan Spanduk:

Kelebihan:
  • Proses pembuatan tidak terlalu rumit
  • Jangkauan pemasangan sangat luas dan frekuensi tinggi
  • Mencakup semua target audience
  • Penempatannya fleksibel secara geografis
  • Mudah diingat sebelum membeli produk
  • Bisa dilihat berulang-ulang oleh pengguna jalan


Kelemahan:
  • Kurang efektif karena sebagian masyarakat yang lewat di depan spanduk
  • Waktu pemasangan secara singkat
  • Tidak bisa menampilkan informasi secara lengkap
  • Bila frekuensinya terlalu tinggi, mengakibatkan kebosanan pada target audience
  • Mengganggu keindahan lingkungan bila terpasang tidak teratur


E. Manfaat Spanduk:
Spanduk digunakan sebagai media penerangan/penyampaian informasi baik di luar ruang maupun dalam ruang. Ukuran spanduk bervariasi tergantung pada kebutuhan. Spanduk dipilih oleh para penyampai pesan karena selain harga cetaknya yang terjangkau juga karena spanduk memiliki ruang yang luas untuk informasi yang akan disampaikan.

F. Jenis-Jenis Spanduk:
Dalam hal ini ada 3 macam jenis spanduk, mulai dari yang termurah yaitu: spanduk sablon, spanduk spray/semprot dan yang terbaru spanduk printing. Yang kesemuanya memiliki kelemahan serta kelebihan masing-masing.

1. Spanduk Sablon
  • Kelebihan yaitu sehari bisa jadi 100 spanduk
  • Kelemahan yaitu apabila campuran catnya tidak pas maka akan luntur bila kena air


2. Spanduk Spray
  • Kelebihan yaitu lebih tahan terhadap air
  • Kelemahan yaitu pengerjaan lebih lama


3. Spanduk Printing
  • Kelebihan yaitu hasil lebih bagus karena bisa full colour
  • Kelemahan yaitu harganya masih tergolong cukup mahal


G. Cara Membuat Spanduk:
Banyak spanduk yang kita lihat di berbagai tempat namun terkadang ada beberapa spanduk yang bila kita amati, isi spanduk yang dibuat tersebut tidak memperhatikan atau melupakan hal penting berikut ini.


H. Desain Spanduk:
Desain spanduk yang menarik tentu akan menarik perhatian orang untuk melihatnya, awalnya dari melihat desain spanduk maka orang lantas akan membaca apa isi atau informasi yang ada di dalam spanduk tersebut.
Ukuran Spanduk
Besar kecilnya ukuran spanduk hendaknya disesuaikan dengan space atau tempat dimana spanduk akan ditempatkan sehingga tidak akan terjadi hal seperti spanduk terlalu kecil atau spanduk terlalu besar.
Tulisan Spanduk Terlalu Kecil
Ini menjadi kendala ketika spanduk akan diletakkan diluar ruang yang memiliki lalu-lintas cepat karena para audience/pembaca tidak akan sempat membaca informasi yang ada di dalam spanduk secara detail. Jadi besar kecilnya ukuran teks sebaiknya disesuaikan dengan tujuan dimanakah spanduknya nantinya ini akan ditempatkan. Berbeda jika spanduk akan ditempatkan di dalam ruangan dimana pambaca akan dapat membaca keseluruhan isi spanduk tanpa khawatir akan bergegas pergi.

I. Desain Spanduk Terlalu Padat:
Walaupun ukuran spanduk terbilang besar sebagai media informasi, banyaknya informasi yang akan disampaikan hendaknya diringkas agar kalimat-kalimat tersebut tidak memenuhi spanduk yang nantinya akan melelahkan mata pembaca. Jikapun ada hal yang lebih mendetail yang akan disampaikan maka anda dapat mencantumkan dalam spanduk tersebut alamat website atau blog anda karena di website atau blog tersebut anda dapat memberikan keterangan yang lebih mendetail.

J. Jenis Huruf Spanduk
Pemilihan huruf untuk spanduk hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan, idealnya gunakan huruf yang jelas “tidak menggunakan huruf latin yang berukir-namun ini kembali kepada kebutuhan” agar informasi yang akan disampaikan cepat diterima oleh pembaca. “Sebaiknya dan usahakan pilihlah atau gunakan huruf yang sifatnya gratis untuk keperluan personal atau komersial, anda dapat mendownloadnya di internet dengan menggunakan kata kunci, free font for commercial use”.

K. Foto Untuk Spanduk
Jika ingin menggunakan foto di dalam spanduk anda maka pilihlah foto yang beresolusi besar agar tidak pecah atau blur hasilnya ketika spanduk dicetak. Besarnya resolusi foto ditentukan kembali oleh ukuran spanduk yang akan digunakan. Lebih besar resolusi fotonya maka lebih baik ” sebaiknya dan usahakan gunakan foto atau gambar orisinil untuk spanduk anda”.



L. Pengertian Banner:
Banner ialah sebagai identitas sebuah blog atau website selain itu fungsi dari banner ialah sebagai media iklan, promosi, publikasi, menjalin persahabatan dan berbagai kepentingan lainnya. Berbagai jenis dan ukuran standar banner yang biasanya dipergunakan dalam blog atau site di media internet. Banner itu artinya ialah gambar, kebanyakan dibuat dengan ukuran kecil yang biasanya dimasukkan atau disisipkan di sebuah halaman web.
Banner dilengkapi sebuah link, yang kalau di klik akan menuju ke suatu situs yang telah ditentukan oleh si pembuat banner tersebut. Misalnya banner iklan di suatu blog, kalau ada yang meng-klik maka si pengujung akan dibawa ke situs yang dituju.

M. Tujuan Banner:
Untuk tujuan dari banner ialah untuk mengiklankan produk tertentu dan menarik orang sebanyak mungkin/lalu lintas mungkin untuk produk tertentu. Adapun banner yang berukuran kecil biasanya digunakan untuk saling bertukar link, sedangkan banner yang ukuran sedang untuk media iklan.
Sebaiknya banner tersebut jangan meniru punya orang lain, jadi buatlah banner ciptaan sendiri yang menarik supaya siapa saja yang melihat banner tersebut merasa tertarik dan akan mengklik link tautan kita.

N. Jenis Ukuran Banner:
     Berbagai ukuran utama banner. 

1. Banner ukuran standar pada umumnya untuk kepentingan iklan atau promosi “window pop-up” sebagai contoh yaitu:

  • 300 x 250 IMU / Pixel “Medium Rectangle”
  • 250 x 250 IMU / Pixel “Square Pop-up”
  • 240 x 400 IMU / Pixel “Vertical Rectangle”
  • 336 x 280 IMU / Pixel “Large Rectangle”
  • 180 x 150 IMU / Pixel “Rectangle”


2. Banner dan buttons merupakan jenis banner yang dipergunakan pada blog atau situs di media internet ukurannya antara lain yaitu:

  • 468 x 60 IMU / Pixel “Full Banner”
  • 234 x 60 IMU / Pixel “Half Banner”
  • 88 x 31 IMU / PIxel “Micro Bar”
  • 120 x 90 IMU / Pixel “Button 1”
  • 120 x 60 IMU / Pixel “Button 2”
  • 120 x 240 IMU / Pixel “Verical Banner”
  • 125 x 125 IMU / Pixel “Suara Button”
  • 728 x 90 IMU / Pixel “Leaderboard”


O. Pembuatan Banner:
Pembuatan banner dapat dilakukan di perusahaan advertising, perusahaan jasa desain ataupun di desain sendiri dan dibawa ke perusahaan percetakkan. Banyak perusahaan advertising yang menawarkan jasa pembuatan banner hingga siap jadi. Anda pun bisa memanfaatkan jasa advertising tersebut untuk membuat banner yang diinginkan.

P. Fungsi Banner:
Menambah Daya Tarik Web/Blog
Banner yang kita pasang di web/blog bisa menambah tampilan web/blog lebih menarik, sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog anda, anda dapat menempatkan banner di bagian header web/blog.

Q. Sebagai Ciri Khas/Identitas Anda:
Dengan membuat banner anda berusaha untuk menunjukkan kepada pengujuang tentang siapa anda dan apa yang anda tulis dalam blog anda, itu artinya anda menciptakan brand bagi anda dan web/blog anda.

R. Sebagai Alat Promosi:
Banner merupakan alat promosi yang efektif dengan menitipkan banner anda di web/blog yang sudah terkenal dan banyak pengunjunganya, dan bisa berharap mereka akan mampir blog anda dengan meng-klik banner itu.

S. Menonjolkan Isi Blog Anda:
Banner juga bisa digunakan untuk menonjolkan isi dari web/blog anda, pengunjung bisa mengetahui atau paling tidak membayangkan isi web/blog anda dari banner anda.

Komentar

Posting Komentar